Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

Halo sobat, pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah artikel tentang Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Meskipun materi ini belum dijelaskan dikelas saya, tapi saya ingin menulis materi upaya bangsa indonesia agar saya dapat belajar terlebih dahulu sebelum guru saya menerangkan.
Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Bangsa Indonesia
Masih ingatkah anda denga peristiswa G30-S/PKI? Siapa saja yang menjadi korban dari peristiwa G30-S/PKI? Para perwira yang menjadi korban G30-S/PKI adalah Letnan Jenderal Ahmad Yani, Mayor Jenderal R. Suprapto, Mayor Jenderal Haryono Mas Tirto darmo, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Izacus Panjaitan, dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.

Gerakan 30 Semptember juga melakukan penculikan terhadap pimpinan Angakatan Darat di Yogyakarta yang anti-PKI, yaitu Komandan Korem 072 Yogyakarta Kolonel Kotamso dan Kepala Staf Korem 072 Letnan Kolonel Sugiyono.

Baca juga : tokoh yang berjuang mempertahankan dari ancaman disintegrasi bangsa.

Selain G30-S/PKI masih ada pergolakan dan pemberontakan didalam negeri yang mengancam keutuhan Negara Republik Indonesia. Pergolakan dan pemberontakan tersebut seperti pemberontakan PKI Madiun tahun 1948, pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), pemberontakan Andi Azis, Gerakan Republik Maluku Selatan ( RMS), gerakan DI/TII, pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), dan pemberontak Piagam Perjuangan Rakyat Semesta (Persemesta). 

Untuk lebih jelasnya pelajari materi berikut.

Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah Indonesia menghadapi berbagai pergolakan dan pemberontakan dari dalam negeri. Pergolakan dan pemberontakan tersebut mengancam keutuhan negara. Pemerintah Indonesia berusaha mengatasi pergolakan dan pemberontakan tersebut. Berikut pergolakan dan pemberontakan yang mengancam keutuhan negara.

  1. Pemberontakn PKI Madiun
    Tahukah sobat bagaimana awal terjadinya pemberontakan PKI Madiun dan siapa yang memimpin pemberontakan? Terjadinya pemberontakan PKI Madiun berawal dari upaya yang dilakukan oleh Amir Syarifuddin untuk menjauhkan Kabinet Hatta. Untuk hal tersebut, Amir Syarifuddin pada tanggal 28 Febru... Baca selengkapnya...
  2. Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII)
    Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
    Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah
    Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan
    Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan
    Pemberontakan DI/TII di Aceh
  3. Peberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)
  4. Pemberontakan Andi Azis
  5. Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS)
  6. Pemberontakan PRRI/Persemesta
  7. G30-S/PKI
Sobat, itulah Upaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa. Sobat bisa juga membaca artikel lainnya tentang sejarah disini. Terimakasih sudah berkunjung di blog pelajaran saya ini, Salam Sukses!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa